Presentase usia sekolah yang mengikuti Pendidikan Kesetaraan di PKBM Hutuo Lestari

Limboto, Gorontalo – Guna melengkapi profil pendidikan kabupaten Gorontalo, dengan ini Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Gorontalo Bidang Perencanaan, melalui penilik kesetaraan kecamatan Limboto Lambatong, S.Pd melakukan pendataan peserta didik dan pendidik untuk semua program yang diselenggarakan oleh PKBM, Kamis (14/11).

Adapun dari data terkini Dapodik Rabu (13/11) 00.00 WITA jumlah peserta didik yang terdaftar dan masuk pada rombongan belajar sebagai berikut:

Tingkatan II derajat kompetensi Dasar setara kelas V SD Rombongan Belajar Al Aziiz berjumlah 16 orang; 8 laki-laki dan 8 perempuan.

Tingkatan II derajat kompetensi Dasar setara kelas VI SD Rombongan Belajar Al Muhaimin berjumlah 26 orang; 10 laki-laki dan 16 perempuan.

Sementara total peserta didik Paket A binaan PKBM Hutuo Lestari berjumlah 42 orang yang berdasarkan data tidak terdapat peserta didik usia sekolah (7-12 tahun) atau sama dengan 0%.

Untuk Tingkatan III dengan derajat kompetensi Terampil 1 setara kelas VII SMP rombongan belajar Al Mu’min berjumlah 33 orang; 12 laki-laki dan 21 perempuan.

Tingkatan III derajat kompetensi Terampil 1 setara kelas VIII SMP rombongan belajar As Salaam berjumlah 29 orang; 13 laki-laki dan 16 perempuan.

Tingkatan IV derajat kompetensi Terampil 2 setara kelas IX SMP rombongan belajar Al Quddus berjumlah 10 orang; 5 laki-laki dan 5 perempuan.

Sehingga jumlah keseluruhan peserta didik untuk Paket B binaan PKBM Hutuo Lestari berjumlah 72 orang yang telah didata berdasarkan usia sekolah 13-15 tahun terdapat 5 orang perempuan yang berusia pada rentang tersebut. Atau sebesar 6,94%.

Selanjutnya untuk tingkatan V derajat kompetensi Mahir 1 setara dengan kelas X SMA rombongan belajar Al Malik berjumlah 35 orang; 15 laki-laki dan 20 perempuan.

Tingkatan V derajat kompetensi Mahir 1 setara kelas XI SMA rombongan belajar Ar Rahim berjumlah 31 orang; 9 laki-laki dan 22 perempuan.

Terakhir tingkatan VI derajat kompetensi Mahir 2 setara kelas XII SMA berjumlah 32 orang; 7 laki-laki dan 25 perempuan.

Jika dipersentasekan maka ada 28,5% peserta didik Paket C binaan PKBM Hutuo Lestari yang berusia sekolah baik 16-18 tahun yang berjumlah 10 orang; 5 laki-laki dan 5 perempuan, serta usia 19-24 tahun yang berjumlah 28 orang; 14 laki-laki dan 14 perempuan.

Semoga data ini bermanfaat.

***

Catatan: data ini masih bisa berubah setiap waktu jika terdapat tambahan ataupun pengurangan peserta didik selama batas pengisian dapodik semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020 yang masih buka 48 hari lagi.
Putus Sekolah? Yuk sekolah lagi!

Pastikan Anda melanjutkan sekolah di PKBM Hutuo Lestari 🤗

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *